/

Jaringan Komputer Indoor Media Kabel


 Tak terasa sudah pagi, habis buat tugas multimedia buat nanti sore. Sekarang saatnya memposting lagi, saya akan membahas tentang jaringan komputer indoor. Mungkin sudah tidak asing lagi, karena saat ini di setiap rumah pasti menggunakan internet, ya apa iya? hayow... Sebelumnya, Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang saling terkoneksi minimal 2 komputer atau PC atau lebih, yang menggunakan media kabel atau nirkabel. Di dalam jaringan komputer terdapat banyak sekali bentuk-bentuk topologi, yaitu topologi star,bus,ring, dan selengkapnya dapat di cek di mbah google.
Klasifikasi Jaringan Berdasarkan skala :
  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
  • Global Area Network (GAN)
 Saya akan membahas tentang jaringan indoor menggunakan LAN. Kebanyakan jaringan indoor menggunakan topologi star, karena untuk penukaran atau pengaksesan data lebih terkondusif dan efisien. Dalam topologi ini sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan dan warnet. Pada jaringan komputer indoor terkoneksi dengan media kabel, jika PC lebih dari 2 maka menggunakan alat yang dinamakan HUB atau SWITCH. Berikut adalah gambar topologi Star dengan media kabel.

Untuk penggunaan class IPnya tergantung dengan kebutuhan, sebaiknya juga menggunakan IP class C, untuk mensettingnya sebaiknya IP di setting secara statis. Cukup sekian, apabila ada kesempatan memposting, akan saya lanjutkan, jika ada uneg-uneg silahkan berkoment di bawah ini. Semoga curahan pikiran saya dapat bermanfaat.



Artikel Terkait

RSS Feed

1 Comment for Jaringan Komputer Indoor Media Kabel

Unknown | 2 November 2012 pukul 19.26

Kami juga mempunyai artikel tentang Jaringan Komputer silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2516/1/109.pdf terimakasih

Leave a comment!

Find it!

Adsense Indonesia


Theme Design by devolux.org. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog

Followers